Wisata Alam dan Mengenal Allah

“berwisata ke kota membuat kita mengenal keunggulan manusia, berwisata Alam membuat kita mengenal Allah”

kira-kira begitu bunyi pepatah yang sering kita dengar. Kebanyakan orang berwisata ke kota untuk melihat land mark dan mempelajari sejarah. Tidak ada yang salah dengan wisata kota dan land mark karena setiap orang punya hobi masing-masing dalam urusan piknik. Asal jangan kurang piknik, karena bisa mengakibatkan kegalauan akut..hehehehe…

Mengajak anak-anak berwisata alam juga punya banyak keuntungannya. Selain lebih mengenal alam dan meningkatkan kecintaannya terhadap alam, anak-anak juga bisa diajak mengenal Allah, sang pencipta alam tersebut.

  1. Mengenal Alam – mengenal alam bisa meningkatkan kecintaan anak terhadap menjaga kelestarian bumi dan masa depan bumi kita yang sudah tua. Mengenalkan mereka kepada alam, menurunkan tingkat keinginan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dari alam dengan mengorbankan kelestarian. Banyak sekali kita jumpai manusia yang menafikkan keadaan lingkungan untuk mendapatkan untung dan memperkaya diri sendiri.
  2. Mengenal Allah – dengan melihat keindahan alam, pahatan alam, dan keadaan di sekitar, anak akan mempertanyakan siapa kah yang menggambar keindahan ini. Anak akan lebih diperkenalkan bahwa keadaan alam di sekitar bukanlah kebetulan semata atau dikarenakan aksi reaksi yang ada di alam, namun lebih kepada logika keberadaan Allah yang menciptakan seluruh alam semesta.

18252094_1592745880744275_6261417161940533248_n

Bunda dan Ayah juga bisa mengaitkan bahan pelajaran ini dengan ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan penciptaan dan bagaimana kita bisa menjadi mukmin yang berterima kasih kepada sang pencipta. Dengan adanya pengaitan tersebut diharapkan anak dapat mengaitkan keimanan dengan akal yang dibekali Allah kepada manusia. Anak pun juga memiliki alur logika yang tepat dan benar untuk berpikir sehingga bisa menjadi lebih kritis dalam berpikir.

18298457_1926528904232800_7510315951363981312_n

Dengan wisata alam, anak-anak juga diajarkan pentingnya kebersihan alam dengan menjaga sampah untuk dibawa kembali ke rumah atau membuangnya pada tempat yang sudah disediakan di sekitaran tempat wisata. Anak-anak juga belajar untuk lebih mandiri dan mengatur diri sendiri dengan mengatur jadwal toilet dan makan yang tepat sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kemapuan berpikir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s