Meningkatkan Nafsu Makan Anak dengan Berjalan-jalan

Eh emang ada ya caranya jalan-jalan bisa meningkatkan nafsu makan anak? ya iya lah, pada dasarnya anak itu akan makan kalau mereka merasa lapar. Usahakan meminimalisir cemilan seperti coklat, wafer, atau crisp yang membuat anak berkurang selera makan. Untuk cemilan, ada bagusnya memberi anak buah, keju, atau sayuran seperti wortel atau brokoli yang sudah dipotong. Dengan diajak adventure atau berpetualang maka anak akan menguras energi dan merasa lapar, dan tak kalah penting dia bertambah ilmunya. 🙂


Jadi, di Birmingham itu sedang ada program untuk meng-encourage orang orang di kota untuk mau berjalan. Kalo istilah iklan “An**n*” itu minimal sepuluh ribu langkah perhari. Nah, program ini mengkombinasikan theory of game, charity, walking desire with technology. Orang-orang disini memang mengoptimalkan penggunaan teknologi di bidang apapun sehingga mudah diakses oleh orang-orang sekitar dengan mudah dan murah.
Caranya? Program SLEUTH ini meletakkan 100 patung beruang di titik tertentu di sekitaran kota Birmingham untuk dikoleksi oleh para pejalan kaki. Setiap patung Beruang itu punya tema tema tertentu yang bisa dilihat dari motif dari setiap beruang. Anak-anak akan merasa tertantang untuk berburu beruang sesuai dengan buku cerita anak-anak tentang Bear Hunt. Di setiap tema beruang yang ada di titik tertentu kita bisa membahas topik yang bersesuaian dengan tema beruang, sehingga anak merasa tertarik dengan ceritanya.
Keuntungan lainnya adalah anak-anak jadi enjoy untuk berjalan kaki dan berolah raga sekaligus mengenal kota Birmingham dengan lebih baik. Ini merupakan salah satu jalan-jalan hemat, karena yang dibutuhkan cuma tiket kereta atau bus. Petualangan ini juga bagus untuk mengisi liburan musim panas yang kadang membuat anak bosan duduk di rumah. Birmingham itu luas lho, setiap titik tidak mungkin habis dalam sehari hehehe, jadi pasti ada beberapa hari yang bisa diisi dengan petualangan mencari beruang.
Buat emaknya apa donk? Program ini juga menawarkan beberapa hadiah yang bagus buat orang tua seperti tiket gratis dari London ke Birmingham, tiket masuk museum, nonton opera, voucher amazon, dan banyak hadiah lainnya untuk beberapa beruang yang punya special prize. Iiiiiiih asik, apalagi kalo udah jalan, gak ada cerita anak-anak g kelaperan dan mau makan yang banyak. Untuk mengakali kebutuhan gizi, kita bisa mengkombinasikan menu yang sehat karena anak akan lebih ikhlas memakannya dalam kondisi lapar. hehehe..
Yang menarik lagi, permainan ini mengkombinasikannya dengan menggunakan aplikasi yang bisa didapat dari apple store atau android. Untuk menginstal aplikasi ini pengguna memang diharuskan membayar sekitar £2 yang setara dengan 35ribu rupiah yang sesuai dengan keuntungan yang didapat dengan menggunakan aplikasi ini. Uang ini akan digunakan untuk sumbangan kepada anak-anak yang mengidap kanker dan masalah kesehatan. Pasti seru kalau bisa diterapkan di indonesia.
Game seperti ini sebenernya bisa diterapkan di Indonesia yang katanya punya tingkat kemalasan berjalan paling tinggi. Hal ini sebenernya berkaitan sih dengan temperatur indonesia yang lumayan tinggi dibandingkan dengan suhu di negara subtropis. Perlu upaya lebih dan penelitian yang lebih lanjut untuk mengencourage oprang-orang di Indonesia untuk mau berjalan atau terpaksa berjalan dikarenakan regulasi yang berlaku di lingkungan atau peraturan yang ada.
Akhirul kalam, semoga di kemudian hari Indonesia bisa meningkatkan tingkat berjalannya ya dengan adanya regulasi yang lebih cepat dan tepat untuk kondisi Indonesia. Kalau orang lain aja bisa berjalan sepuluh ribu langkah sehariu untuk meningkatkan stamina dan kesehatan jantung, masa kita g bisa.. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s